Kamis, 31 Juli 2008

Rekor MURI Pasar Seni Gabusan

Gong terbesar se Indonesia telah terpasang beberapa hari sebelum Bantul Expo 2008 dimulai. Berwarna hitam pekat dan bertuliskan GONG GOLONG GILIK PROJO TAMAN SARI. Sehingga membuat heboh para pemakai jalan raya Parangtritis, dikarenakan terletak tepat di pinggir jalan depan Pasar Seni Gabusan. Mereka berhenti untuk menyaksikan bahkan kadang ada yang ingin menyentuhnya, "Biar lebih afdol." kata salah satu pengunjung yang saat itu sedang diwawancarai wartawan dari salah satu media cetak yang baru laris pada tahun ini.
Pasar Seni telah mencetak rekor MURI yang tidak sedikit, diantaranya : Caping Terebesar, Topeng Raksasa, Karya Anak Terbanyak, Lomba Masak Gurameh Terpanjang di Jalan Parangtritis. Yang dimulai dari Dusun Tembi sampai Dusun Manding.
Karena di sisi lain, Pasar Seni Gabusan memiliki pelbagai keunikan yang menonjolkan natural dan etnik budaya Jogja, terlebih daerah Bantul. Adalah Surga Kesenian dari ketrampilan tangan-tangan para pengrajin. Hingga tersohor sampai ke negara-negara tetangga dengan sebutan "Gabusan Art Trade Center".

Tidak ada komentar: